English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Senin, 22 April 2013

Perawatan & Perbaikan Monitor


Perawatan & Perbaikan Monitor


1.      Perawatan Monitor
Debu pada monitor akan membuat layar buram dan jika debu tersebut sudah menempel pada layar kemudian cara membersihkannya tidak benar dapat menggores layar monitor. Selain pada layar, debu juga dapat menutupi fentilasi udara pada monitor yang akan menimbulkan panas yang berlebihan pada monitor. Untuk kotoran cair yang masuk kedalam monitor dapat mengakibatkan kerusakan monitor.
Prosedur dalam membersihkan monitor :
Gunakan kuas kecil atau vacuum cleaner dengan ujumg sikat kecil untuk membersihkan debu.
Untuk membersihkan monitor dari kotoran cair yang menempel pada layar, gunakan cairan pembersih kemudian dilap dengan kain kering. Terutama pada bagian sudut dari layar.
2.      Perbaikan monitor
Gangguan-gangguan yag biasanya sering terjadi pada suatu monitor :
a)         Monitor tidak mau menyala
Pada saat proses booting computer, tombol power yang terdapat pada monitor sudah ditekan tetapi monitor tetap gelap dan tidak mau menyala. Jika masalah monitor tidak mau menyala, maka prosedur yang dilakukan adalah :
Pastikan bahwa tombol power dalam keadaan ON
Jika lampu indicator tidak menyala, lihat kabel power baik pada monitor maupun yang kearah outlet listrik. Pastikan bahwa pemasangan sudah benar.
Apabila tetap tidak menyala, gantilah dengan kabel power lain.
Jika lampu indicator pada monitor hidup dan berwarna orange atau berkedip-kedip, cek kabel video yang menghubungkan monitor dengan CPU apakah sudah terpasang dengan baik dan benar. Pastikan sudah terpasang dengan benar.
Apabila dengan pengecekan diatas masalah ini tetap tidak teratasi berarti ada problem pada sinyal video board adapter CRT.
b)        Monitor menjadi gelap saat loading windows
Masalah lain yang bisa timbul adalah monitor menjadi gelap saat loading windows. Kemungkinan besar disebabkan karena setup driver untuk monitor tidak tepat. Yang sering terjadi adalah karena dalam keadaan ON screen display setting, setting frekuensi terlalu tinggi. Untuk mengatasinya dapat dilakukan dengan cara, yaitu:
Lakukan booting windows dalam keadaan safe mode dengan cara menekan f8 saat computer loading windows.
Lakukan instalasi ulang driver VGA Card. Setelah itu pilih jenis monitor yang cocok yang akan menentukan frekuensi maksimal yang akan ditampilkan oleh windows.
c)         Tampilan pada monitor tidak sesuai dengan keinginan
Masalah lain yang bisa terjadi pada monitor adalah ukuran tampilan tidak sesuai dengan keinginan. Terdapat font, ikon, menu, dan semua tampilan pada monitor yang terlalu besar atau malah terlalu kecil. Hal tersebut diatas berhubungan dengan resolusi monitor yang mungkin terlalu tinggi atau pun terlalu rendah sesuai dengan selera pengguna. Untuk mengubahnya, bisa melalui display properties. Caranya adalah:
Lakukan klik kanan disembarang tempat didekstop. Kemudian akan muncul beberapa menu dan pilihan properties. lalu akan muncul tampilan display properties.
Kemudian pilih tab setting. Ubahlah resolusi sesuai dengan keinginan dengan memperbesar ataupun memperkecil nilai yang ada dikotak screen area, kemudian klik ok. Dalam mengeset resolusi, yang harus diperhatikan adalah kompatibilitas resolusi yang didukung oleh VGA Card dan monitor yang dimiliki. Pemilihan resolusi yang didukung oleh kartu VGA namun tidak didukung oleh monitor yang dimiliki akan menyebabkan monitor tidak menampilkan gambar dengan sempurna.
d)        Bercak kebiru-biruan di sudut monitor
Pada salah satu atau beberapa sudut monitor, muncul bercak tidak berwarna atau warna kebiru-biruan yang cukup mengganggu penampilan. Masalah ini sering disebabkan karena adanya medan magnet yang dihasilkan dari beberapa piranti elektronik tersebut. Untuk menghilangkannya cobalah untuk memakai fitur degaussing yang ada pada menu control monitor. Atau dengan menggunakan magnet yang didekatkan disudut-sudut monitor supaya warna kembali normal.
e)         Tampilan tiba-tiba rusak dan komputer hang
Setelah beberapa lama computer hidup tiba-tiba muncul titik-titik atau pixel berwarna pada monitor yang pada akhirnya menyebabkan computer crash dan hang. Solusi permasalahan seperti diatas, biasanya berkaitan dengan masalah suhu baik pada computer secara umum atau secara khusus pada graphics card. Apalagi jika menggunakan graphics card modern yang  biasanya lebih cepat panas. Untuk mengatasi masalah tersebut lakukan upaya pendinginan secara maksimal.Kemudian periksa fungsi-fungsi kipas pada computer, apakah masih berjalan normal. Jika perlu pindahkan card-card yang lain ke slot yang agak berjauhan dengan slot graphics card agar dapat memberika sirkulasi udara yang cukup.